Mensos Luncurkan Alat Bantu Gelang untuk Tunagrahita, Berikut Pungsinya:

banner 468x60

Jakarta, Infomsi.News--Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini secara resmi telah meluncurkan inovasi alat bantu Gelang untuk Tunagrahita atau GRITA guna mencegah kekerasan terhadap penyandang disabilitas.

Mensos meluncurkan alat bantu Gelang untuk Tunagrahita (Grita) tersebut dilaksanakan di Gedung Aneka Bhakti (GAB) Kementerian Sosial, Jakarta, pada Kamis 10 Agustus 2023.

banner 336x280

“Grita diluncurkan sebagai respon dan early warning system (sistem peringatan dini) terhadap situasi rentan yang mungkin membahayakan dan mengancam keselamatan tunagrahita,” kata Risma¬† Kamis, 10/8/2023

Menurut Risma gelang Grita dapat digunakan sebagai aksesoris sehari-hari karena memiliki bentuk yang menarik, ringan, dan nyaman.

“GRITA memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) yaitu kecerdasan buatan yang mendeteksi denyut nadi seseorang melalui heart sensor (sensor nadi) dan membandingkannya dengan batas tertentu,” ujarnya

Mensos menjelaskan manfaat Gelang untuk Tunagrahita atau Grita ini juga kemampuannya bisa mendeteksi tubuh, jika kondisi disaat sedang genting sehingga bisa menarik perhatian lingkungan sekitar.

“Jika denyut nadi melebihi batas tersebut, maka sirine akan berbunyi dan lampu akan berkedip menyala sebagai penanda adanya kondisi darurat untuk menarik perhatian lingkungan sekitar sehingga dapat membantu penggunanya,” pungkasnya

Sebagai informasi tambahan, Tunagrahita adalah sebutan bagi orang orang dengan kemampuan intelektual dan kognitif yang berada di bawah rata rata dibandingkan orang pada umumnya. (Bay)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *